Comments

Rabu, 26 Juni 2013

Hubungan Antara Perawatan Kebersihan Vulva Dengan Kejadian Keputihan Pada Wanita Usia Remaja Putri D-III Kebidanan Tingkat II

Posted by at 23.03 Read our previous post
Review Karya Tulis Ilmiah

Kode     :    B-006
Judul      :    Hubungan Antara Perawatan Kebersihan Vulva Dengan Kejadian Keputihan Pada 
Wanita Usia Remaja Putri D-III Kebidanan Tingkat II STIKES (lokasi penelitian)
Tebal      :    48 + Lampiran
Jenis       :    Kuantitatif


ABSTRAKSI
Keputihan adalah merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar, kerap pula disertai bau busuk, dan menimbulkan rasa nyeri sewaktu berkemih atau bersenggama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola perawatan vulva dengan kejadian keputihan. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi, populasinya adalah wanita usia remaja di Stikes ………………….. (lokasi penelitian anda)  sebanyak 38 mahasiswa, dengan menggunakan total sampling, cara mengambil data yaitu dengan kuesioner, data di analisa menggunakan rank sperman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 52.6% perawatan  kebersihan vulva dilakukan cukup baik, oleh responden. Hal ini dapat di simpulkan bahwa dari 38 responden yang mengalami keputihan Patologis sebanyak 55.3%  responden, dan yang mengalami keputihan yang tidak Patologis (fisiologis) sebanyak 44.7% responden. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara perawatan kebersihan vulva dengan kejadian keputihan patologis. Dari hasil penelitian ini, di harapkan untuk menigkatkan kesadaran melakukan Perawatan  Kebersihan Vulva pada wanita usia remaja khususnya mahasiswa tingkat II di Stikes ………………….. (lokasi penelitian anda). Melihat hasil penelitian ini dapat di ketahui bahwa dengan perawatan kebersihan yang cukup baik yang mengalami keputihan patologis hampir setengahnya. Hal ini sudah di buktikan melalui penelitian yng dilaksanakan di Stikes ………………….. (lokasi penelitian anda) pada tanggal ……………... (waktu penelitian)

LATAR BELAKANG
Keputihan adalah merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar, kerap pula disertai bau busuk, dan menimbulkan rasa nyeri sewaktu berkemih atau bersenggama. Karena keputihan bukan merupakan penyakit yang berbahaya dan tidak menimbulkan konsekuensi besar, maka tidaklah mengherankan bila ada dokter yang tidak menaruh perhatian pada infeksi ini. Akan tetapi kejadian keputihan yang berulang selain menimbulkan nyeri dapat juga menimbulkan stress emosional (Mahannad S, 2009; 1). Pada Remaja perawatan kebersihan vulva kurang diperhatikan, mereka juga  banyak yang menggunakan celana dalam ketat, karena kebiasaan yang kurang baik tersebut bakteri mudah mencapai vagina dan terjadilah infeksi.
Meskipun termasuk penyakit yang sederhana kenyataannya keputihan adalah penyakit yang tak mudah di sembuhkan. Penyakit ini menyerang sekitar 50% populasi perempuan dan mengenai hampir dari semua umur. Data penelitian tentang kesehatan reproduksi remaja menunjukkan 75% remaja di dunia pasti menderita keputihan paling tidak sekali seumur hidup dan 45% diantaranya bisa mengalaminya sebanyak 2 kali atau lebih. Di Indonesia remaja yang mengalami keputihan ini sangat besar, 75% remaja Indonesia pasti mengalami keputihan, minimal 1 kali dalam hidupnya. Sedangkan di jawa timur penderita keputihan mencapai 35%.(Blankast, Ariev. 2008)   
Wanita usia remaja yang dimulai pada umur 18-21 tahun dapat dijadikan sabagai responden karena pada usia tersebut rentan terjadi keputihan. Sehingga penelitian ini bisa difokuskan pada faktor perawatan kebersihan vulva. Terutama di D-III Kebidanan Tingkat II (lokasi penelitian anda). Setelah peneliti mengadakan study pendahuluan dari 8 mahasiswi usia remaja dari usia 18-21 di dapat 6 orang menderita keputihan. Mereka mengatakan bahwa keputihannya encer, melekat pada celana dalam dan berbau. Ada juga yang mengatakan keputihannya berwarna putih kekuningan agak kental, keluarnya setiap hari dan gatal. Mereka tidak terlalu memperhatikan teknik pembersihan, jika membersihkan dari belakang ke depan sesuai dengan kebiasaan.
Dari uraian di atas peneliti merasa tertarik untuk melakukan kajian bagaimana Hubungan antara perawatan kebersihan vulva dengan kejadian keputihan pada usia remaja putri D-III Kebidanan Tingkat II (lokasi penelitian anda)

RUMUSAN MASALAH
”Adakah Hubungan antara perawatan kebersihan vulva dengan kejadian keputihan Patologis pada usia remaja putri D-III Kebidanan Tingkat II (lokasi penelitian anda)” ?

TINJAUAN PUSTAKA
  • Perawatan Diri
Pada bab ini dipaparkan teori tentang pengertian perawatan, pembagian perawatan menurut Copernito, perawatan kebersihan vulva, dan fatkor yang dapat menyebabkan vagina beresiko infeksi
  • Alat-alat reproduksi wanita
Mendeskripsikan tentang teori genetalia eksterna, dan genetalia interna,.
  • Keputihan
Menjelaskan tentang pengertian keputihan, klasifikasi keputihan, macam-macam keputihan, penyebab keputihan, keadaan yang dapat mempermudah serangan infeksi jamur kandida dan mungkin membahayakan vagina, hal-hal yang menjadi bagian hidup sehari-hari tetapi amat mengganggu kesehatan kita, dan bebagai macam jenis pengobatan yang di gunakan untuk mengobati keputihan.
  • Remaja
Memaparkan teori tentang pengertian remaja, rentang usia masa remaja, karakteristik remaja, sifat dan sikap remaja, dan karakteristik perkembangan remaja.

METODE PENELITIAN
Desain penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi yang bertujuan mendeskripsikan (memaparkan) hubungan antar variabel. Variabel independent dalam penelitian ini adalah pola perawatan kebersihan vulva sedang variable dependennya adalah keputihan. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh wanita usia remaja putri di D-III Kebidanan Tingkat II STIKES (lokasi penelitian anda) Populasi berjumlah 38 responden. penelitian ini menggunakan total sampling yaitu semua subjek yang di ambil sejumlah 38 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan bentuk pertanyaan tertutup (close ended). Peneliti menyebarkan kuisioner pada semua populasi kemudian peneliti memberi kode dan mengecek kelengkapan nama dan identitas, kelengkapan data dan isian data. Kemudian memberi sekor terhadap item yang diisi.

HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian disajikan dalam 2 bagian yaitu Data umum dan Data Khusus. Data umum yang  meliputi, umur. Sedangkan data khusus yaitu meliputi distribusi perawatan kebersihan vulva, distribusi tentang kejadian patologis, dan distribusi tentang hubungan antara perawatan kebersihan vulva dengan kejadian keputihan patologis.

Download B-006 KTI Lengkap
Download B-006 BAB 2

Tidak ada komentar:

© KTI n SKRIPSI is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template